Alhamdulillah, kehamilan anak kedua-ku berjalan dengan lancar
Sekarang masuk usia 17 minggu.
Setelah pemikiran panjang
Saya memutuskan untuk pindah SpOG.

Kehamilan anak pertama saya dibantu oleh Dr Niken Wening Sp.OG
Saya sebenernya cocok dengan dr Niken
Orangnya baik, ramah, cantik🙂
Namun saat saya memeriksakan kehamilan kedua saya ini,
Dr Niken langsung memvonis jika saya harus cesar nantinya

Sebagai seorang wanita,
saya ingin melahirkan secara normal
Anak pertama saya memang tidak bisa dipaksakan lahir normal
Dan saat saya diberi rejezi anak kedua,
Saya langsung berkeinginan untuk melahirkan secara normal

VBAC
Vaginal Birth After Caesarean adalah persalinan secara normal yang dilakukan setelah sebelumnya mengalami kelahiran dengan metode persalinan caesar.

Syarat untuk VBAC memang banyak dan gak mudah
Ini syarat VBAC yang saya dapatkan di ayahbunda

  1. Jarak persalinan normal dengan persalinan caesar sebelumnya idealnya 18-24 bulan. Ada pula yang mengatakan setelah18  atau 24 bulan baru hamil lagi untuk lebih amannya.Tergantung bagaimana riwayat kehamilan dan Caesar sebelumnya.
  2. Baru mengalami satu kali operasi caesar dan tidak ada riwayat perlukaan rahim lainnya seperti operasi mioma uteri atau tumor jinak otot rahim, dan riwayat ruptura uteri.
  3. Caesar pertama bukan karena indikasi yang akan menetap/berulang, seperti panggul sempit dan riwayat operasi pengangkatan mioma uteri. Misalnya jika riwayat caesar sebelumnya karena posisi anak sungsang, gawat janin atau plasenta previa (ari-ari di bawah) dan hal ini tidak berulang, maka kelahiran normal bisa dilakukan.
  4. Jenis jahitan pada operasi caesar sebelumnya bukan model klasik atau longitudinal incision atau jahitan vertikal, tapi insisi transversa rendah (low transverse incision).
  5. Panggul tidak sempit.
  6. Tebal rahim berada dalam batas aman –memiliki 0% risiko terjadinya ruptur uteri-, yaitu 4,5 mm. Meski, ketebalan rahim ini masih menjadi perdebatan, sebab ada penelitian lain yang menyatakan ketebalan di atas 2,5 mm cukup aman, ada pula yang menyatakan di atas 3,5 mm.
  7. Tidak terjadi komplikasi pada kehamilan.
  8. Persalinan timbul terjadi dengan spontan, yaitu kontraksi dan pembukaan serviks terjadi secara spontan.

Dan ada tambahan syarat untuk yg pernah cesar😦 (termasuk aku)

  1. Lakukan persalinan di Rumah Sakit yang memiliki fasilitas ruang operasi caesar.
  2. Memiliki tim operasi yaitu dokter anestesi, dokter kandungan, dokter anak serta perawat yang bisa siap dalam kurun waktu tidak lebih dari 30 menit karena bila terjadi kegagalan VBAC harus segera dilakukan operasi.
  3. Proaktif bertanya pada dokter kandungan Anda bila dua point di atas tidak dibicarakan pada Anda.

Bagi saya dalam memilih RS untuk lahiran, RS tidak jauh dari Rumah dan Pro-ASI.
Alhamdulillah ternyata RSIA Soerya Sepanjang, Sidoarjo adalah RS yang Pro-ASI.
Dan Alhamdulillah di RSIS Soerya, dokternya sesuai dengan yang saya harapkan.

Sekarang saya mimilih Dr Muhammad Ardian, Sp.OG untuk membantu saya VBAC.
Kemaren saya sudah konsul ke dr Ardian
dr Ardian baik, ramah, dan enak diajak diskusi.
dr Ardian memberi saya harapan untuk bisa VBAC
dan untuk membantu mewujudkan impian saya
Saya diharuskan untuk menjaga berat badan saya
Karena berat badan saya sekarang sudah overweight😦
Saya juga diharuskan:

  1. Olah raga selama 30 menit, seminggu 3x
  2. Makan nasi 3x sehari, maksimal jam 6 malam
  3. Cemilan sehat yaitu buah

Semoga saya bisa melahirkan anak kedua saya secara normal, AMIN🙂